Jumat, 03 Maret 2017

Perkembangan e_Commerce di Bidang Agribisnis

Electronic Commerce (e-Commerce) adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer. e-Commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-Commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-Commerce ini.

Ide dasar serta manfaat e-Commerce dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan serta meningkatkan daya saing perusahaan dalam hal ini menjadi sudut pandang dari penulis yang dijadikan sebagai obyek dalam tulisan ini. Melihat kenyataan tersebut, maka penerapan teknologi e-Commerce merupakan salah satu faktor yang penting untuk menunjang keberhasilan suatu produk dari sebuah perusahaan. Untuk mempercepat dan meningkatkan penjualan cepat maka dengan melihat perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tersebut dapat memanfaatkan suatu layanan secara on-line yang berupa e-Commerce.

Dengan adanya layanan electronic commerce (e-Commerce) ini maka pelanggan dapat mengakses serta melakukan pesanan dari berbagai tempat. Dengan adanya era teknologi yang canggih saat ini para pelanggan yang ingin mengakses e-Commerce tidak harus berada di suatu tempat, hal itu dikarenakan di kota kota besar di Indonesia telah banyak tempat tempat yang menyediakan suatu fasilitas akses internet hanya dengan menggunakan laptop/notebook ataupun dengan Personal Digital Assistant (PDA) dengan menggunakan teknologi wifi. Maka dari itu saat sekarang sangat diperlukan dan diminati perusahaan-perusahaan yang menerapkan layanan e-Commerce.
Penggunaan e-Commerce di Indonesia untuk saat masih terbatas. Berdasarkan survey masih relatif sedikit perusahaan agribisnis yang menggunakan e-Commerce sebagai sarana untuk kepentingan bisnis. Oleh karena itu dalam tulisan ini akan kita akan membahas tentang perkembangan dari e_Commerce dibidang agribisnis.

Dikutip dari penjelasan (CNN Indonesia, 2014) mengatakan bahwa Bisnis e-Commerce telah menjadi bagian penting dari perkembangan internet di Indonesia. Kementerian Perdagangan Republik Indonesia memperkirakan transaksi jual beli barang melalui internet (e-commerce) dari Indonesia akan menembus angka US$ 10,08 miliar. Rata-rata nilai transaksi belanja online tersebut tumbuh 40 persen setiap tahun.

Bisnis e-commerce Indonesia juga telah dilirik banyak investor, baik dalam maupun luar negeri. Beberapa VC (Venture Capital) besar seperti Rocket Internet, CyberAgent, East Ventures, dan IdeoSource bahkan sudah menanamkan modal ke perusahaan e-commerce yang berbasis di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah raksasa Lazada dan ZaloraBerrybenkaTokopedia, Bilna, Saqina, VIP Plaza, Ralali, Elevenia, Bukalapak, agrowing.co.id dan masih banyak lagi. Sebagian dari mereka adalah contoh dari perusahaan e-commerce yang sukses dan berhasil dalam memanfaatkan peluang pasar e-commerce di Indonesia yang sedang meningkat. Bahkan Pemerintah China berinisiatif membuat kerjasama perdagangan berbasis e-commerce dengan negara-negara Asean, termasuk Indonesia.

Untuk masa sekarang bisnis e_Commerce sudah berkembang sangat pesat, tidak hanya di perusahaan-perusahaan yang menjual berbagai bahan sandang, dan papan. Tetapi e_Commerce juga telah digunakan untuk sektor pertanian yaitu fungsinya khusus untuk memasarkan hasil-hasil produk dari pertanian tidak hanya itu produk yang dihasilkan bisa berupa jasa. Adapun salah satu perusahaan e_Commerce yang berbasis agribisnis terbesar di Indonesia dan telah dilirik banyak investor yaitu agrowing.com. selain itu masih banyak lagi perusahaan e_Commerce di bidang agribisnis yang sudah ada di Indonesia. Dengan adanya e_Commerce berbasis agribisnis jadi informasi seputar dunia agribisnis tidak hanya dilakukan seperti di pasar atau pun di antara para petani di wilayah tertentu. Tetapi dengan e_Commerce berbasis pertanian produk baru dalam pertanian seperti bibit, pupuk, vitamin saat ketika petani mengalami kesulitan dalam tanaman, bisa mengirimkan foto kondisi tanaman dan detailnya ke aplikasi, baru pakar menjawab permasalahan tersebut. Aplikasi juga seperti forum online untuk komunikasi antara petani. Aplikasi dapat digunakan pengguna untuk memberikan informasi hasil panen beserta harga dan menjual ke pembeli tanpa perantara tidak hanya itu petani juga bisa konsultasi gratis lewat forum yang telah disediakan, dan semua bisa di dapatkan dengan cukup mudah dengan adanya sambungan internet untuk mengakses e_Commerce yang telah ada.
Adapun 5 aplikasi yang turut membantu memajukan pertanian Indonesia yaitu :
1.      Petani
2.      TaniHub
3.      LimaKilo
4.      Pantau Harga
5.      Nurbaya Initiative


Jadi dengan berkembangnya e_Commerce khususnya berbasis agribisnis di Indonesia, memberi dampak yang sangat positif yaitu dalam memajukan pertanian Indonesia. Melihat masyarakat Indonesia sendiri dalam menggunakan internet cukup tinggi dan dari tahun ke tahun terus meningkat tidak menutup kemungkinan bahwa e_Commerce dibidang pertanian akan memberi dampak yang terus menerus ke arah positif dalam memajukan sector pertanian Indonesia dalam membantu mensejahterakan para petani dan tentunya bisa membimbing para petani untuk membudidayakan tanaman dengan baik sehingga dapat mendapatkan hasil panen dengan kualitas baik. Teruslah jaya Indonesia ku Negara yang disebut sebagai Negara agraris, marilah kita terus majukan sector pertanian, dan untuk masyarakat Indonesia marilah kita menjadi masyarakat yang selektif dalam menggunakan tekhnologi yang ada saat ini tentunya untuk hal-hal yang bermanfaat tidak hanya bagi individu tapi juga bermanfaat bagi orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar